Berita kami

Baznas Salurkan Bantuan Kepada Ustaz Ustazah Madrasah Diniyah dan TPQ

17 February 2022 Pemerintahan
Baznas Salurkan Bantuan Kepada Ustaz Ustazah Madrasah Diniyah dan TPQ
 
BOYOLALI – Sebagai apresiasi pengabdiannya kepada masyarakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Boyolali menyalurkan bantuan kepada 240 Ustaz dan Utazah Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Qur’an (TPQ). Penyerahan bantuan dilakukan di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boyolali pada Senin (14/2/2022).
 
Ketua Baznas Kabupaten Boyolali Jamal Yazid menjelaskan, bantuan tersebut diberikan secara tunai dengan total anggaran sebesar Rp 120 juta dimana masing-masing orang menerima Rp 500 ribu.
 
“Kami bersama Kemenag sangat berharap agar guru-guru agama ini tidak sekedar mengajarkan ilmu agama, tetapi bagaimana mengajarkan etika kepada anak-anak kita ini sehingga ada sinergi antara Pemkab Boyolali, Baznas dan Kemenag, dalam rangka membangun keutuhan dan kesatuan yang ada di Boyolali dari berbagai sisi.” terangnya.
 
Disampaikan Jamal, target pengumpulan zakat pada Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2022 ini sebesar 6,5 miliar, karena perolehan zakat hingga akhir tahun 2021 sebesar 6,1 miliar, namun hingga awal tahun ini pemasukan Baznas sudah mencapai 6,5 miliar. Kemudian pada tahun 2022 ini, terdapat kenaikan sebesar tujuh persen dan penyaluran zakat pada tahun 2021 mencapai 99 persen.
 
“Sehingga nanti saya optimis akan ada penambahan.” ujarnya.
 
Ditemui terpisah, salah seorang ustaz sehari-hari mengajar di Madin Al Ma’arif Penggung, Muhammad Nasiful Ula sangat mengapresiasi pemerintah yang telah mentasarufan zakat untuk ustaz dan ustazah. Selanjutnya pihaknya berharap program pentasarufan zakat kepada para ustaz dan ustazah ini akan berkelanjutan.
 
“Sangat mendukung sekali untuk kita karena dari dulu kita belum begitu terdukung dengan adanya insentif ataupun pentasarufan zakat dari Baznas.” ungkapnya.
 
Untuk diketahui, pada akhir Januari 2022 Baznas Kabupaten Boyolali juga memberikan santunan kepada 436 dhuafa melalui Program Boyolali Peduli dengan total bantuan sebesar Rp 327 juta dan disalurkan melalui 22 Kantor Kecamatan se Kabupaten Boyolali. Selanjutnya pengelolaan pengumpulan Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) per tanggal 14 Februari 2022 sebesar Rp 989.204.727,- dan sudah disalurkan sebesar Rp 621.270.988,-. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
 
BAGIKAN ARTIKEL INI