Berita kami

Bantuan Bagi Keluarga Pasien Covid

23 July 2020 Sosial

BOYOLALI- Upaya penanggulangan Covid-19 di Desa Kalangan, Kecamatan Klego perlu dicontoh. Pemdes setempat bersama warga bahu- membahu menggalang bantuan bagi keluarga pasien Covid-19.

Kepala Desa Kalangan Subandono menuturkan, sebanyak tujuh warga desa setempat positif Covid-19 klaster Merti Desa." Kami sudah koordinasi lintas sektoral, baik gugus tugas kecamatan maupun gugus tugas kabupaten. Langkah-langkah standar penanggulangan pandemi sudah dilakukan,” katanya, Senin (20/7).

Penanganan di lapangan yakni pengambilan sampel kepada 23 warga yang belum menjalani uji swab sebelumnya. Lantas hasil tracking dari tujuh pasien positif Covid-19 terhimpun sekitar 108 warga dengan uji swab menyusul. 

Langkah-langkah di bidang kesehatan sudah dilakukan oleh gugus tugas kabupaten yakni dengan tracking penularan. Sedangkan pemerintah desa melakukan antisipasi dampak ekonomi. Bantuan pun mengalir dari sjeumlah kelompok masyarakat.

Salah satunya paguyuban pedagang Pasar Pagi Karanggede yang menyalurkan bantuan bahan sayuran. Bantuan sayur tersebut seperti sawi, tomat, terong, tempe, tahu, cabai dan lain sebagainya.

“Ini murni bentuk kepedulian pedagang Karanggede kepada warga kami.”

Kemudian dari Pemuda Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Kecamatan Klego bekerjasama dengan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Boyolali melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan yang warganya positif Covid-19.

“Langkah ini dilakukan sebagai bentuk upaya memutus rantai penularan Covid-19. Sehingga diharapkan tidak terjadi lagi warga yang positif Covid.” 

Selain itu, Pemuda PMK Klego juga menyalurkan tujuh paket sembako kepada keluarga pasien Covid-19. Saat ini, kondisi warga yang positif Covid-19 dalam keadaan sehat dan tegar selama karantina di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Kabupaten Boyolali. 

“Kami para perangkat desa membawakan bekal makanan untuk pasien di rumah sakit. Kami bersyukur, kondisinya sehat.”  (JokM-PortalBoyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI