Berita kami

Sederhana, KRIB Boyolali Rayakan HUT Ke-5

03 May 2024 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat (tengah) menyerahkan potongan tumpeng yang diterima Kepala DLH Suraji. Jumat (03/05/2024)

 

BOYOLALI – Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-5 pada Jumat (03/05/2024). Bupati Boyolali, M. Said Hidayat berkesempatan hadir di kawasan KRIB didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Boyolali, Desy M. Said Hidayat; Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan; Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, Marsono dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani.

Bupati Said dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun kebun raya yang berada di Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo ini. Sejak diresmikan pada 3 Mei 2029, Bupati Said berharap masyarakat dapat berkunjung unutk menikmati KRIB yang dibangun untuk konservasi, penelitian, pendidikan, rekreasi dan juga jaga lingkungan.

“Dengan luasan seperti ini ketika dimanage dengan baik dengan tujuan pembangunan, memberikan ruang pembelajaran bagi masyarakat dan anak anak termasuk saudara saudara dari luar Kabupaten Boyolali saya kira ini menjadi ruang ruang pendidikan dalam rangka pendekatan kita sebagai manusia dan lingkungan hidup,” kata Bupati Said.

Tidak lupa, Bupati Said juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Boyolali untuk terus berkomunikasi dan ikut mensosialisasikan kepada generasi generasi ke depan agar semakin dekat dan mampu memahami serta mencintai lingkungan.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, Suraji menjelaskan bahwa dalam rangka kegiatan HUT KRIB ke-5, pihaknya menggelar beberapa kegiatan. Antara lain pendidikan lingkungan dan pengenalan Kebun Raya Indrokilo yang diikuti 13 sekolah SD di sekitar Kebun Raya Indrokilo dengan lebih dari 1.000 siswa beserta gurunya, lomba Poster Tumbuhan Koleksi Kebun Raya Indrokilo diikuti oleh 79 kelompok siswa SMP se Kabupaten Boyolali.

“Dan Penanaman “Tumbuhan Adat Jawa” di Vak Kehormatan (Pandu) sub Tanaman Adat melengkapi bangunan Pesanggarahan “Karangtumaritis” yang dibangun tahun 2023,” ujarnya.

Dilanjutkan olehnya, KRIB memiliki luas 8,9 hektar ini khusus untuk mengoleksi tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa bagian Timur

”Saat ini memiliki tanaman koleksi sebanyak 412 spesies dan 1.580 spesimen atau rata-rata 3-4 tanaman setiap spesies. Hasil dari eksplorasi di habitat aslinya serta pemberian Kebun Raya lain dan pihak lain yang bisa dipertanggungjawabkan asal-usulnya,” ungkapnya.

Melalui lima fungsi kebun raya sesuai ketentuan, KRIB menekankan pada fungsi konservasi, fungsi penelitian, fungsi pendidikan, fungsi wisata, dan fungsi jasa lingkungan yang mampu menarik pengunjung baik dari Kabupaten Boyolali maupun Kabupaten / kota lainnya. Terbukti, sejak dibuka untuk umum, KRIB dikunjungi sebanyak 169.277 kunjungan atau rata rata 3.255 kunjungan per minggu. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI